Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) UNISKA

Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) adalah sistem yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh BAN-PT. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen,penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor.

Dalam sistem SAPTO Perguruan Tinggi (PT) berperan sebagai entitas yang mengajukan usulan akreditasi baik untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), maupun Akreditasi Program Studi (APS). Setiap perguruan tinggi akan diberi1 (satu) akun menggunakan kode perguruan tinggi yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). Akun tersebut digunakan untuk mengajukan akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi yang berada di lingkungan perguruan tinggi tersebut.

Dalam pembukaan Raker Tahunan BAN-PT 2016 di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta tanggal 9 Desember 2016, Menristekdikti meresmikan pelaksanaan Sistem Akreditasi Pendidikan Tinggi Online (SAPTO). BAN-PT mengakui bahwa fasilitas yang tersebut bisa menekan biaya proses akreditasi hingga 20 persen itu akan dioperasikan pada Mei 2017.

Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Tcan Basaruddin mengatakan, SAPTO akan memudahkan perguruan tinggi dalam menyampaikan dokumen akreditasi untuk mendapat asesmen kecukupan yang dilakukan asesor di tempat asal asesor. Menurut dia, terobosan itu sebagai bentuk dukungan pada pemerintah yang berkomitmen untuk secara sistematis dan terprogram meningkatkan mutu sektor pendidikan tinggi di Indonesia.

Sesuai amanat Permenristekdikti No 32/2016 bahwa SAPTO ini akan menjadi pijakan dalam mengembangkan instrumen akreditasi baru.” ujar Tcan. Ia menjelaskan, dalam Permen tersebut BAN-PT berfungsi sebagai organ penyusun kebijakan akreditasi dan menjalankan kebijakan serta proses akreditasi. Untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi. Dan menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun nonakademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

Oleh karena itu Lembaga Penjaminan Mutu Uniska juga melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) terhadap semua pimpinan fakultas yang ditunjuk. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Juli 2017 jam 08.30 WITA yang bertempat di Ruang Pascasarjana Gedung B Lantai 3.
Panitia mendatangkan 3 narasumber dari LPM Universitas Lambung Mangkurat (LPM) yang telah lebih dulu melaksanakan proses pendaftaran akreditasi dengan SAPTO. Berikut foto-foto kegiatan.

Acara pembukaan Diseminasi Dan Pelatihan SAPTO

 

Berikut sambutan ibu Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Uniska :

Bagi setiap institusi, mutu adalah agenda utama dan meningkatkan mutu merupakan tugas yang paling penting. Dalam rangka memelihara dan meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan, maka Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi mutlak harus dilakukan. Untuk melaksanakan sistem tersebut, UNISKA memiliki Lembaga Penjaminan Mutu UNISKA yang bertugas membantu pimpinan UNISKA dalam melaksanakan proses penjaminan mutu di UNISKA. LPM Uniska mengemban amanah Undang-undang no 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, yang dalam pelaksanaannya terus mengacu kepada permenristekdikti no 62 tahun 2016 tentang SPM dikti.
Implementasi SPMI sangat penting dilaksanakan karena sebagai potret internal sebelum diperlihatkan kepada pihak eksternal dalam hal ini BAN Pt atau LAM. Untuk meyakinkan pihak eksternal tentunya diperlukan strategi yang jitu dalam implementasi SPMI baik ditingkat Universitas maupun program studi. Makanya kami tim LPM terus berusaha mengoptimalkan implementasi SPMI di lingkungan UNISKA, karena Kami yakin bahwa kalau Implementasinya SPMInya baik maka akan baik pula SPME/ akreditasinya.
Terkait dengan pengusulan proses akreditasi, pada tahun 2017 ini BAN PT mengembang suatu sistem akreditasi online (SAPTO). Pengembangan sistem ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi, obyektivitas, transparansi dan akuntabilitas proses akreditasi sebagaimana diamanatkan dalam permenristek dikti no 32 tahun 2016 tentang akreditasi perguruan tinggi dan program studi. Selain memfasilitasi penyampaian usulan akreditasi secara online melalui sapto ini juga dapat memantau proses akreditasi yang sedang diusulkan.
Berdasarkan surat direktur dewan eksekutif BAN PT no 1041/BAN PT/LL/2017, bahwa penerapan Sistem akreditasi perguruan tinggi online diterapkan mulai 1 juni 2017, sampai dengan desember 2017 menggunakan instrumen lama dan tahun 2018 dengan instrumen yang baru. Oleh sebab itu Sosialisasi dan pelatihan sapto hari ini menjadi sangat penting diselenggarakan mengingat ada beberapa program studi di uniska yang akan melakukan reakreditasi, tentunya menggunakan Sapto ini. Yaitu:
1. Prodi magister ilmu komunikasi, masa berlaku akreditasi berakhir pada tanggal 26 oktober 2018
2. Prodi magister manajemen dan S1 manajemen masa berlaku akreditasinya berakhir pada tanggal 18 Juni 2019
3. 2 program studi baru yaitu teknik industri dan teknik elektro.

Acara ini dapat terlaksana karena dukungan dan usaha semua pihak, oleh karena itu kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
1. kepada, ketua umum Badan pengurus yayasan Uniska, bapak Rektor dan jajarannya yang telah memberikan arahan dan dukungan sehingga kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan,
2. ucapan terima kasih juga kami sampikan kepada tim LPM universitas lambung mangkurat atas kesediaannya memberikan pelatihan hari ini
3. terima kasih juga kami sampaikan kepada tim LPM uniska yang telah bekerja sama dengan baik untuk mempersiapkan kegiatan ini, kepada para dekan beserta jajarannya di lingkungan uniska serta kepada semua pihak yang telah ikut membantu terselenggaranya kegiatan ini

kami menyadari bahwa penyelenggaran acara pelatihan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saya atas nama ketua LPM sekaligus ketua panitia dan mewakili seluruh panitia penyelenggara menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu
Neni Widaningsih, S.Pt.,MP

Sambutan Ibu Neni Widaningsih , S.Pt., MP selaku Ketua LPM Uniska

 

Penyerahan Plakat oleh Rektor UNISKA Bapak Abd. Malik, S.Pt., M.Si., Ph.D

 

Foto bersama dengan pimpinan rektorat

 

Foto bersama dengan pimpinan fakultas

 

Foto bersama dengan peserta

 

Narasumber Diseminasi Dan Pelatihan SAPTO

 

Peserta Bertanya

 

Seluruh Peserta Diseminasi Dan Pelatihan SAPTO

Untuk file-file yang berhubungan dengan proses SAPTO bisa didownload di website SAPTO pada link dibawah ini :
–> DOWNLOAD <–

Materi dari Narasumber :
–> DOWNLOAD <–

Share! Ke Media Sosial Anda...!